Ad Code

Memahami Penggunaan Array

Variabel-variabel di JavaScript hanya bisa menyimpan satu data pada suatu saat. Adanya kecenderungan yang besar untuk memanipulasi sejumlah data dalam satu variabel membuat konsep variabel tersebut menjadi tidak cukup. Sebagai solusinya, JavaScript menghadirkan struktur data yang memungkinkan menyimpan himpunan/kelompok data dalam satu variabel khusus yang disebut Array.

Array, adalah satu variabel yang dapat berisi banyak data yang independent. Data yang disimpan diberikan indeks tertentu atau menggunakan nomer urut mulai dari 0.Indeks ini nantinya dapat digunakan untuk mengakses data yang disimpan dalam array tersebut.

JENIS-JENIS ARRAY
Array Multidimensi
Array yang hanya berisikan nilai-nilai tunggal disebut sebagai array monodimensi atau unidimensi. Berikut merupakan ilustrasi dari array monodimensi tersebut.

Indeks
0
1
2
3
Data
Nilai1
Nilai2
Nilai3
Nilai4

Perhatian :
Indeks ini akan diberikan secara otomatis oleh interpreter javascript, dimulai dari elemen/data pertama dengan indeks 0. Dalam suatu array dengan n elemen, maka elemen ke-n akan mempunyai indeks n-1.

Jika elemen suatu array berisikan array lainnya, maka array tersebut termasuk array multidimensi. Berikut ilustrasinya.
Indeks
0
1
2
3
Data
0
1
Nilai1
Nilai2
Nilai2
Nilai3
0
1
2
Nilai1
Nilai2
Nilai3

Array Asosiatif
Indek dalam array selain ditentukan secara otomatis oleh sistem dan selalu dimulai dari 0, juga dapat dimodifikasi dengan menggunakan kata (string) atau nilai tertentu. Tabel dengan indeks termodifikasi ini kita kenal dengan nama array asosiatif. Berikut adalah ilustrasinya.

Indeks
“USD”
“IDR”
“JPY”
Data
11918
1
114.29


PEMBUATAN ARRAY
Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat array di Javascript.

var TabelKu = ["data 1", "data 2", "data 3", "data 4"];
var TabelKu = new Array("data 1", "data 2", "data 3", "data 4");
var TabelKu = new Array();

Dua cara yang pertama menunjukkan bahwa array dibuat dengan langsung memberikan nilainya, sedangkan pada cara yang terakhir array dibuat tanpa data.

PENGAKSESAN DATA DALAM ARRAY
Pengaksesan data atau elemen di dalam tabel dapat dilakukan dengan menuliskan nama tabel diikuti tanda kurung siku yang berisi indeks dari elemen.

var arrayHewan = ["Buaya", "Harimau", "Gajah", "Singa", "Jerapah", "Zebra"];
document.write( "elemen ke 4 dari array adalah " + arrayHewan[3] );
//hasil: "elemen ke 4 dari array adalah Singa"


MENYIMPAN DATA PADA ARRAY
Penyimpanan data dalam array dilakukan dengan menuliskan nama array, di ikuti dengan nama indeks dalam kurung, dan memasukkan nilai datanya, seperti contoh berikut.
arrayTes[0] = "Hallo";
arrayTes["Andry"] = 10;
arrayTes["Sandra"] = 47;


Apabila indeks yang digunakan untuk menunjuk elemen dalam array tersebut sudah memiliki data sebelumnya, maka data tersebut akan hilang dan digantikan dengan data baru yang diberikan.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu