Ad Code

Algoritma dan Pemograman


A. Pengantar Algoritma dan program

          Kata Algoritma berarti proses menghitung dengan angka Arab.Asal usul kata Algoritma bearasal dari nama penulis arab yang terkenal yaitu Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi .Menulis buku yang berjudul Kitab Aljabar Wal Muqabala uang arti nya "Buku pemugaran dan pengurangan" Atau dalam bahasa Inggris (The Book of Restoration And Reduction)."Aljabar" (Algebra) Al Khuwarizmi dibaca orang Barat Algorism.Dari judul buku itu kita juga dapat memperoleh akar kata Aljabar.Perubahan dai kata Algorism menjadi Algorithm muncul karena kata Algorism sering di kelirukan dengan Aritmatic,sehingga akhiran -sm berubah menjadi -thm.Karena perhitungan dengan angka Arab sudah biasa.Maka lambat laun kata Algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum.Sehingga kehilangan makna kata asli nya.Dalam bahasa Indonesia kata Algorithm diserap menjadi Algoritma.

B. Algoritma merupakan jantung ilmu Informatika

         Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau Informatika.Banyak cabang ilmu komputer yang mengarah ke dalam teknologi Algoritma.Dalam kehidupan sehari-haripun banyak terdapat proses yang dinyatakan dalam suatu Algoritma,misalnya cara-cara membuat masakan / kue.Secara umum pihak (benda) yang mengerjakan proses disebut Pemroses (Processor). Pemroses tersebut dapat berupa manusia,komputer,robot atau alat-alat elektronik lainnya. Pemroses melakukan suatu proses dengan melaksanakan atau "mengeksekusi" Algoritma yang menjabarkan proses tersebut.

C. Definisi Algoritma

          "Algoritma adalah urutan atau langkah-langka logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis". Kata logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. 
  • Pertimbangan dalam pemilihan Algoritma adalah pertama. Algoritma harus benar. Artinya Algoritma akan memberikan keluaran yang benar.
  • Pertimbangan kedua yang harus diperhatikan adalah kita harus mengetahui seberapa baik hasil yang di capai oleh Algoritma tersebut. Algoritma yang baik harus mampu memberikan hasil. 
  • Ketiga adalah efisien Algoritma. Efisiensi Algoritma dapat ditinjau dari dua hal yaitu efisiensi waktu dan memori
  
          Meskipun Algoritma memberikan keluaran yang benar (paling mendekati). Tetapi jika kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan pengeluaran nya
contoh :
Algoritma menghitung luas persegi panjang
1. Masukan panjang (P)
2. Masukan lebar (l)
3. Luas P*l
4. Tulis Luas

1. Pembuatan Algoritma mempunyai banyak keuntungan diantaranya : 
  • Pembuatan atau penulisan Algortima tidak tergantung pada bahasa pemograman manapun. Artinya penulisan Algortima Independen dari bahasa pemograman dan komputer yang melaksanakannya.
  • Notasi Algoritma dapat diterjemahkan kedalam bahasa pemograman.
  • Apapun bahasa pemogramannya,output yang akan di keluarkan sama karena Algoritma nya sama.

2. Beberapa hal perlu di perhatikan dalam membuat Algoritma
  • Teks Algortima berisi deskripsi langkah-langkah pengelesaian yang mudah dimengerti dan dipahami.
  • Tidak ada notasi yang baku dalam penulisan teks Algoritma seperti notasi pemograman. Notasi yang digunakan disebut notasi Algoritmik
  • Setiap orang dapat membuat aturan penulisan dalam notasi Algotitmik sendiri
  • Algortima sebenarnya digunakan untuk membantu kita dalam mengkonversikan suatu permasalahan ke dalam bahasa pemograman
  • Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual,supaya dapat dilaksanakan oleh komputer. 


Terima kasih telah membaca Artikel ini,sekian dari saya semoga  Artikel ini bermanfaat untuk kalian semua ^^

 

Post a Comment

0 Comments

Close Menu