GARIS
Garis adalah sekumpulan titik yang berdampingan secara memanjang dan memiliki dua buah ujung.. Garis memiliki dimensi panjang, pendek, tipis, tebal. Garis dapat saling berhubungan satu sama lain membentuk apa yang dinamakan garis sejajar/paralel, garis memancar atau garis berlawanan. Dalam media komunikasi visual, garis dapat menjadi pembatas kolom, member kesan tertentu, menjadi pembatas antara unsur grafis satu dengan lainnya, dan digunakan sebagai penunjuk bagian-bagian tertentu dengan tujuan sebagai penjelas kepada pembaca.
Seperti yang terlihat di bawah ini garis horizontal diterapkan memisahkan informasi dalam iklan sebuah buku. Di bagian atas garis adalah informasi buku. Sedangkan di bawahnya adalah informasi mengenai penulis.
Garis dalam desain grafis dibagi menjadi 4, yaitu :
1. Vertikal (garis tegak lurus)
memberi kesan stabilitas, kekuatan, dan
kemegahan yang menggerakkan mata ke
atas, tinggi, gagah.
2. Horizontal (garis lurus)
memberi kesan sugesti kesenangan atau
sesuatu yang bergerak.
3. Diagonal (garis miring)
memberi kesan sesuatu yang bergerak,
dinamis, keadaan yang tidak stabil.
4. Kurva (garis melengkung)
memberi kesan kehalusan dan keanggunan.
Garis mempunyai beberapa gaya atau style, antara lain :
• Garis lurus
• Garis dot
• Garis dash
• Garis dash dot
BENTUK
Bentuk atau shape adalah suatu bidang yang memiliki tinggi dan lebar, terjadi karena dibatasi oleh sebuah kontur (garis) dan atau dibatasi oleh adanya warna yang berbeda atau oleh gelap terang pada arsiran atau karena adanya tekstur. Bentuk bisa berupa wujud alam (seperti binatang, tanaman dan manusia), dan tidak berwujud alam/abstrak (seperti ikon, grafik, ilustrasi). Bentuk benda berisi garis-garis di dalamnya. Sebuah benda terdiri dari fill dan stroke/garis tepi.Garis lurus dan lengkung dapat menyusun suatu bentuk, misalnya menyusun tiga garis miring yang bertemu pada setiap ujungnya akan membentuk sebuah bangun segitiga. Bentuk lengkung yang disusun mengelilingi titik pusat 3600 akan membentuk sebuah lingkaran. Bentuk-bentuk yang dihasilkan merupakan bentuk dasar yang sering digunakan untuk desain, bisa dua dimensi maupun tiga dimensi. Dua dimensi misalnya persegi panjang, jajaran genjang, segitiga, polygon, dan sebagainya. Tiga dimensi seperti kerucut, kubus, silinder, prisma, bola, piramid dan lainnya
Contoh bentuk yang terdiri atas garis dan kurva.
Kesan bentuk binatang dan benda alam yang dibentuk oleh garis dapat dilihat
pada gambar di bawah ini.
TEKSTUR
Tekstur adalah unsur rupa yang menunjukkan rasa permukaan bahan (material),
yang sengaja dibuat dan dihadirkan dalam susunan untuk mencapai bentuk rupa,
baik dalam bentuk nyata ataupun semu. Misalnya kesan tekstur kayu, bulu atau
gelas.
Sedang menurut Kusminati tekstur adalah sifat dan kualitas fisik permukaan
suatu benda (material), seperti kusam, mengkilap, kasar, halus yang
diaplikasikan dalam desain.
Tekstur dapat digunakan untuk:
• Memberikan publikasi cetak, presentasi, atau halaman web yang mood
atau kepribadian
• Bermain-main mata
• Memprovokasi emosi
• Membuat rasa kekayaan dan mendalam
Gambar di bawah menunjukkan tekstur yang kasar pada bentuk hati. Kesan
tekstur demikian dibentuk oleh pola susun acak warna merah muda bersama
dengan warna putih.
RUANG atau SPACE
Ruang adalah jarak antara atau daerah atau sekitar sesuatu. Memisahkan ruang
atau unifies, highlight, dan memberikan mata visual istirahat.
Ruang dapat digunakan untuk:
• Memberikan mata visual istirahat
• Membuat hubungan antara unsur-unsur
• Sorot salah satu elemen
• Menaruh banyak spasi sekitar yang penting untuk memanggil perhatian
kepadanya
• Membuat layout mudah untuk mengikuti
• Membuat tipe dibaca mungkinRuang terjadi karena adanya persepsi mengenai kedalaman sehingga terasa jauh dan dekat, tinggi dan rendah, tampak melalui indra penglihatan. Elemen ini dalam desain grafis koran misalnya digunakan sebagai elemen ruang bernafas bagi mata pembaca. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlalu lelah membaca teks yang terlalu panjang. Dan ruang kosong memberikan penegasan pemisah antar kolom teks koran. Selain itu memberikan kesan desain yang lapang dan rapi. Hal ini diistilahkan dengan white space(ruang kosong). Ruang kosong berarti ketidak beradaan teks ataupun gambar. Benar – benar kosong, dan bukan berarti tempat yang terbuang dan sia – sia. Ruang kosong itu adalah bahasa tersendiri dari desain yang dibuat.
Penerapan ruang kosong di halaman tabloid.
Penerapan ruang kosong di halaman Koran.
WARNA
Warna bisa mewakili emosi dari karya tersebut sehingga pesan dari karya tersebut bisa lebih mudah diterima oleh audience. Warna juga dapat digunakan untuk menyorot elemen penting dan utama seperti subheads, member sinyal di mana pembaca untuk melihat terlebih dahulu dan memprovokasi emosi.
Gambar panjang gelombang cahaya.
Warna ditimbulkan oleh perbedaan kualitas cahaya yang direfleksikan atau dipancarkan oleh obyek. Pada saat kita melihat warna, sebenarnya kita melihat gelombang cahaya yang dipantulkan atau dipancarkan oleh obyek yang kita lihat. (Wartmann, 2004). Sama seperti bentuk, warna memberikan kesan pesan yang lebih sangat mendalam. Warna merah misalnya mengesankan semangat, kegairahan, dan panas api. Atau warna ungu mengesankan kepucatan, layu dan tidak semangat. Kombinasi antar warna memberikan kesan visual yang bervariasi yang tentu saja berdampak pada kerja desain grafis. Seperti jelas pakar desain grafis David Dabner dalam Design and Layout: Understanding and Using Graphics, warna yang dipilih menimbulkan efek yang luar biasa pada kesan desain dan cara orang meresponnya (feedback). Sedangkan sebuah obyek terlihat bersinar karena memantulkan cahaya ke mata. Obyek akan terlihat transparan karena cahaya menembus permukaannya, menyentuh obyek di belakangnya dan
dipantulkan kembali ke permukaan.
Obyek yang terlihat karena cahaya :
Gambar yang memberi kesan yang dihasilkan warna :
0 Comments