Apa sih Multmedia itu ? Multimedia berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu multi dan
medium. Multi berarti bermacam-macam, banyak. Medium berarti sesuatu yang
dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
Secara terminologi (menurut istilah) multimedia dapat diartikan sebagai
penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan
informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari
beberapa komponen tersebut.
Beberapa definisi menurut para ahli :
- a. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
- b. Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996)
- c. Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat
berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
(Turban dan kawan-kawan, 2001)
- d. Multimedia dalam konteks komputer Hofstetter, 2001 adalah:
Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai
berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan multimedia adalah
penggunaan beberapa media untuk membawa, menyajikan dan
mempresentasikan informasi dalam rupa teks, grafik, animasi, audio, video secara
kreatif dan inovatif. Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan
interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya.
Multimedia dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu multimedia content
production dan multimedia communication
a) Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio,
graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk
menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (musik, video,
film, game, entertaiment, dan lain-lain) Atau penggunaan sejumlah teknologi
yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio,
graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk
tujuan komunikasi.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
b) Multimedia communication
Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak,
dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan
material advertising, public-city, entertaiment, news, education, dan lain-lain.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah
Komponen multimedia berupa teks, grafik, audio, video, animasi
- Teks
Tampilan dalam bentuk teks atau yang lebih dikenal dengan istilah tipografi
merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia.
Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena sangat efektif untuk
menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks merupakan bentuk
data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali, serta file teks
mempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata,
kalimat, alinea, segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan.
- Grafik (Gambar)
Grafik atau gambar merupakan sarana pembentukan informasi yang lebih
mudah untuk dipahami. Gambar juga merupakan salah satu komponen penting
dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta
mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi multimedia lebih
menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan
teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual.
- Audio
Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi, tanpa
adanya audio dalam sebuah multimedia maka hasilnya tidak lengkap. Suara
atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice
record dan efek–efek suara lain.
- Video
Video adalah gambar–gambar yang saling berurutan sehingga menimbulkan
efek gerak. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan untuk
membuat tampilan yang dihasilkan lebih menarik.
- Animasi
Animasi merupakan kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan
berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi akan lebih
mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Selain itu, animasi lebih
menarik dan mudah dimengerti daripada hanya sekedar gambar karena lebih
komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan.
Multimedia dapat digunakan pada semua bidang kehidupan manusia,
apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini
memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang.
Contoh paling dekat adalah televisi, radio, handphone dan komputer.
Penerapan multimedia menurut Vaughan, dalam kehidupan sehari-hari manusia,
yaitu dalam :
1) Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran,
pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message
dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu
tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan
- perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
2) Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar
yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses
belajar mengajar tidak terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan
disekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia
untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Aplikasi
tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang tentunya menarik bagi
anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam
membaca maupun belajar hal lainnya.
3) Rumah
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beranekaragam. Contohnya
komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat
penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang
menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega,
Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua
permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
4) Tempat umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi
seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum,
pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna
untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat
yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang
memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat
didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
0 Comments