Ad Code

Mengolah Teks di Photoshop

Teks merupakan objek yang secara sistematis membentuk shape huruf, simbol dan angka. Teks di dalam Photoshop merupakan kumpulan piksel-piksel yang mempunyai resolusi sama dengan file objek, sehingga bila dilakukan pembesaran objek atau zooming, teks akan tampak berundak (jaged) apabila melewati batas besar resolusi objek asli.



Tetapi tidak perlu khawatir dengan jaged tersebut. Saat mengubah ukuran font (resize), Photoshop akan mengubah huruf tersebut ke dalam bentuk vektor (vector-base type) sehingga ukuran font dapat dibesarkan tanpa khawatir akan kehilangan kehalusan bentuk teks. Teks dapat ditransformasikan tanpa harus menentukan besar ukuran font dengan tepat.

Untuk membuat huruf atau kata, caranya berbeda dengan membuat paragraph. Huruf dibuat dengan klik pada objek yang aktif dan kemudian menuliskan teks yang akan dimasukkan. Sedangkan paragraph dapat dibuat dengan melakukan dragging terlebih dahulu untuk menentukan area paragraph baru, kemudian menuliskan teks yang telah didefinisikan tersebut.




Layer teks otomatis akan terbentuk saat mengklik objek yang aktif.




Layer type tidak akan muncul sebagai layer baru saat menggunakan mode multichannel, bitmap, maupun indexed color, sebab mode ini tidak mendukung layer, sehingga teks hanya akan tampil pada layer background saja.

MENGATUR TEKS
Teks dapat diatur menggunakan palet character yang dapat diaktifkan melalui Window > Character.


Untuk mengatur paragraph teks, pilih tab Paragraph.


MENGGUNAKAN TYPE MASK
Type mask digunakan untuk membentuk seleksi dengan bentuk font yang dipilih, dengan orientasi horizontal maupun vertikal. Seleksi type mask ini akan ditampilkan pada layer yang aktif, yang dapat dipindah, disalin, diisi warna dan diberi stroke.
Cara membuatnya adalah :
1. Pilih layer yang akan diberi type mask.
2. Pilih Type Mask Tool, baik vertikal maupun horizontal.
3. Ketikkan pada layer baru. Teks akan tampil dengan warna mask.
4. Klik pada layer palet atau klik Commit any current edits di sebelah kanan pada option bar untuk memunculkan marquee huruf.


5. Pilih layer via copy (Ctrl+J) untuk membentuk layer baru dari hasil salinan marquee teks tersebut. Teks tidak akan tampak karena tekstur dan fill teks sama persis dengan background.
6. Tambahkan layer style glow untuk memberikan kontras objek dengan latar belakang dengan mengklik menu Layer > Layer Style > Drop Shadow.


RASTERIZE PADA LAYER TYPE

Beberapa perintah dan tool, seperti filter effect dan Painting Tool, tidak dapat digunakan dan diterapkan pada type layer. Untuk dapat menggunakan tool tersebut harus me-rasterize. Rasterize akan melakukan konversi dari tipe layer ke layer normal, sehingga mengakibatkan teks tersebut tidak dapat diedit kembali sebagai teks. Kotak peringatan akan tampil saat mencoba menggunakan atau menerapkan perintah yang membutuhkan teks untuk di-rasterize.





1. Pilih type layer di dalam palet layer.
2. Pilih menu Layer > Rasterize > Type.
MENENTUKAN ANTI-ALIASING
Anti-aliasing digunakan untuk menghasilkan tingkat kehalusan batas pinggir tepi teks, sehingga batas tersebut bercampur dengan background dan menghasilkan tingkat kehalusan pinggir teks.
Besar dan jumlah warna yang dibutuhkan file akan bertambah saat menggunakan anti-aliasing pada teks. Cara menerapkan anti-aliasing :
1. Pilih type layer pada palet layer.
2. Pilih salah satu dari cara di bawah ini :
a. Pilih menu option
saat mengaktifkan option bar atau palet character.
b. Dari menu Layer > Type, pilih option pada submenu.
Perbedaan teks tanpa anti-aliasing dan menggunakan anti-aliasing :



WARP TEXT
Warping adalah fasilitas untuk mendistorsi bentuk objek dengan beberapa variasi bentuk. Teks tersebut akan mengikuti bentuk shape yang dipilih.


Cara melakukan warp :
1. Pilih layer type
2. Pilih Type Tool, klik tombol Warp
3. Pilih warp style dari menu Style Pup-up.
4. Pilih orientasi warp teks, horizontal atau vertikal.
5. Tentukan beberapa option:
a. Bend, digunakan untuk mengatur besar distorsi warp.
b. Horizontal dan Vertikal Distortion, untuk menerapkan perspektif objek.
6. Untuk membatalkan Warp, klik None.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu